Cara Ampuh Menghadapi Covid 19 atau Virus Corona

Kesehatan – Beberapa waktu belakangan ini seluruh Dunia digemparkan dan direpotkan dengan mewabahnya Virus Covid 19 atau Virus Corona, salah satu Makhluk Kecil berukuran Milimicron ciptaan Allah Subhanahu Wata’ala Yang Maha Esa mampu membuat kalang dan kabut seluruh manusia dimuka Bumi yang ukurannya berjuta-juta kali lipat milimicron.

VIRUS COVID 19 - CORONA
VIRUS COVID 19 – CORONA

Tentunya hal ini bukan perkara sepele, karena terbukti sudah banyak pasien suspec corona yang menyebar di seluruh penjuru dunia, hampir disemua negara terjangkit virus mematikan ini, apakah ini suatu pertanda? apakah ini suatu ujian? apakah ini sebuah peringatan dari yang Maha Kuasa untuk manusia yang Berfikir?

Banyak pertanyaan yang bermunculan seputar penyebab sampai akibat dari ketenaran makhluk kecil bernama Virus Covid 19 atau Corona, sungguh Maha Agung dan Maha Kuasa Allah Subhanahu Wata’ala sebagai Pencipta.

Selanjutnya mau tidak mau kita ada di lingkaran kondisi yang memprihatinkan, tentunya kita semua sudah selayaknya mengembalikan pemikiran dan solusi kepada siapa yang menciptakannya dan siapa yang menciptakan kita, karena hanya Dia lah yang maha Pengasih dan Maha Penyayang, pasti semua akan ada hikmahnya, pasti semua yang terbaik untuk umat manusia.

Tentunya bagi kita khususnya Umat Muslim, perlu adanya beberapa tindakan yang memang disarankan dalam Agama kita tentang bagaimana cara menghadapi hal-hal sesulit apapun di muka bumi ini, semuanya sudah ada ajarannya, semua sudah ada cara antisipasinya dan semua datangnya dari Nabi Agung Muhammad SAW.

Mari kita hadapi ganasnya Virus Covid 19 atau Corona ini dengan melakukan “Ikhtiar Bumi” yaitu melakukan tindakan fisik yang bersifat medis dan “Ikhtiar Langit” yaitu usaha yang berhubungan dengan kekuasaan Allah Subhanahu Wata’ala.

Ikhtiar bumi dalam menghalau Virus Covid 19 atau Corona dapat dilakukan seperti melakukan standar yang sudah ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dengan langkah-langkah preventif-efektif di antaranya:

Pertama, adalah memastikan secara berkala bahwa tangan tetap bersih. Jika terindikasi kotor, maka gosokkan tangan dengan alkohol atau cuci tangan dengan sabun dan air. Hal tersebut dapat menghapus virus jika terdapat di tangan.

Kedua, berlakulah higienis terutama dalam persoalan pernapasan. Ketika bersin atau batuk, kita harus menutup mulut dan hidung. Setelah itu tisu yang dipakai harus langsung dibuang ke tempat sampah yang tertutup. Cucilah tangan dengan sabun dan air untuk menjaga penyebaran virus dan kuman. Penting juga bagi penderita gejala tersebut untuk menggunakan masker medis.

Ketiga, jaga jarak interaksi sosial, setidaknya jarak satu meter dengan orang yang tengah menderita bersin, batuk, dan demam. Bagi yang batuk dan bersin, harus ditutup agar tidak menyebar. Hal itu penting guna menjaga percikan virus yang dapat dengan mudah terhirup saat bernapas.

Keempat, hindari bersentuhan dengan mata, hidung, dan mulut. Tangan yang menyentuh salah satu di antara ketiganya akan terkontaminasi memudahkan virus menyebar. Oleh karena itu jika merasa diri demam, batuk, ataupun sulit bernapas, segera cek kesehatan. Terlebih jika memiliki riwayat bepergian ke tempat di mana penyakit mewabah atau ada orang yang baru saja pulang dari daerah tersebut, maka harus dilaporkan ke pemeriksa kesehatan.

Kelima, jaga higienitas atau kebersihan ketika mendatangi pasar binatang hidup, pasar produk binatang, ataupun pasar yang basah. Hal itu bisa dilakukan dengan senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air setelah menyentuh binatang dan produk darinya.

Dan keenam, jagalah makanan yang kita konsumsi. Jaga diri dari konsumsi makanan yang tidak baik terlebih makan produk binatang mentah atau tidak dimasak lebih dahulu. Hindari makan daging hewan yang secara fikih diharamkan.

Allah berfirman dalam QS AL Baqarah: 57:

  كُلُوا۟ مِن طَيِّبَٰتِ مَا رَزَقْنَٰكُمْ ۖ وَمَا ظَلَمُونَا وَلَٰكِن كَانُوٓا۟ أَنفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ 

Artinya: “Makanlah dari makanan yang baik-baik yang telah Kami berikan kepadamu; dan tidaklah mereka menganiaya Kami; akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri.”

Selain ikhtiar bumi, ikhtar langit juga harus kita lakukan di antaranya sesuai dengan maklumat yang disampaikan Nahdlatul Ulama, Majelis Ulama Indonesia, atau berbagai ormas keagamaan lainnya. Dalam menghadapi dan menangkal virus corona, semua elemen bangsa, khususnya umat Islam untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wata’ala.

Di antaranya dengan bertaubat, memohon ampun dan meninggalkan perilaku zalim, karena bisa jadi wabah ini merupakan peringatan dari Allah subhanahu wata’ala agar umat Islam semakin mendekatkan diri kepada-Nya.

Kita juga harus banyak-banyak berdoa dengan Qunut Nazilah atau Shalawat yang dibacakan untuk menangkal turunnya malapetaka. Di antara amalan yang bisa dibaca untuk menangkal virus corona seperti:

  1. Shalawat Thibbil Qulub (penyembuh hati) atau disebut juga shalawat shalawat Nurul Abshar (cahaya mata hati), yakni:

  اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ اْلقُلُوْبِ وَدَوَاءِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَاءِهَا وَنُوْرِاْلأَبْصَارِ وَضِيَاءِهَا وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ 

  1. Shalawat lain yang bisa diamalkan yakni shalawat yang diijazahkan oleh Habib Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya, yakni:

   بِسْمِ اللهِ الَّرحْمنِ الّرحِيْمِ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِ سَيِّدنَا مُحَمَّدٍ بِعَدَدِ كُلِّ دَاءٍ وَدَوَاءٍ 

Itulah tadi Cara Ampuh Menghadapi Covid 19 atau Virus Corona versi IKKM OKU, bagimana dengan kalian? satu persepsikah? Apapun Ikhtiarnya semoga kita semua diberi perlindungan oleh Allah Subhanahu Wata’ala, semoga kita senantiasa diberikan kekuatan dan ketahanan tubuh untuk menghadapi situasi ini.

Bravo IKKM OKU!

(Wtk_Lgt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *