Tinjau Lapangan, Lubuk Raja Kabupaten OKU Bebas Kusta!

Kesehatan – Dalam misi Kepedulian Sosial hari Senin (13/01/2020), Kami Sudah Tinjau Lapangan, Lubuk Raja Kabupaten OKU Bebas Kusta!, IKKM OKU memberikan apresiasi kepada segenap jajaran Pemerintah Kecamatan Lubuk Raja, Desa Lekis Rejo dan TIM Kesehatan dari Puskesmas Batumarta yang telah berperan dan turut andil dalam proses Program Bakti Sosial IKKM OKU Peduli Sesama.

Sempat mungkin terdengar dahulu bahwa ada kalimat “Kampung Kusta”, mungkin dari beberapa kita tak asing dengan kalimat tersebut. Sungguh miris rasanya jika kalimat tersebut menjadi sebuah ciri khas suatu daerah.

Dari situs halodoc, berikut beberapa penjelasan mengenai penyakit Kusta dan bagaimana pola penyebarannya.

Perlu kita ketahui bersama bahwa, “Kusta adalah penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium leprae, yang menyerang kulit dan jaringan saraf perifer serta mata dan selaput yang melapisi bagian dalam hidung.”, (sumber halodoc, post 04/12/2019).

Dalam klasifikasinya, WHO mengelompokkan Kusta menjadi 2 Kelompok, yaitu:

  1. Pausibasiler: 1-5 lesi, kusta jenis ini menyebabkan rasa baal yang jelas dan menyerang satu cabang saraf.
  2. Multibasiler: lesi >5, kusta multibasiler tak seperti pausibasiler, rasa baalnya tidak jelas, dan menyerang banyak cabang saraf.

Dalam perjalanannya, Penyakit Kusta berstatus Menular, Penularan kusta bisa melalui kontak kulit yang lama dan erat dengan pengidapnya. Di samping itu, kusta juga bisa ditularkan lewat inhalasi alias menghirup udara. Alasannya bakteri penyebab kusta dapat hidup beberapa hari dalam bentuk droplet di udara. Namun, sebenarnya penyakit kusta bukanlah penyakit yang mudah untuk menular.

Perlu diperhatikan bahwa kusta juga bisa menular lewat kontak langsung dengan binatang tertentu, seperti armadillo. Kusta memerlukan waktu inkubasi yang cukup lama antara 40 hari sampai 40 tahun. Rata-rata membutuhkan 3-5 tahun setelah tertular sampai timbulnya gejala.

Pelaksanaan dan realisasi salah satu Program Kerja IKKM OKU yang bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan Lubuk Raja, UPTD Puskesmas Batumarta, dan Desa, kembali melakukan Kunjungan ke beberapa wilayah dan menyimpulkan bahwa “Lubuk Raja Kabupaten OKU Bebas Kusta!”.

Kunjungan Ka UPTD Puskesmas Batumarta II dan Camat Lubuk Raja ke Rumah Warga dalam Misi Pencarian Kampung Kusta
Ka. UPTD Puskesmas Batumarta II (dr. Dwi Fenti Atri), Camat Lubuk Raja (Khairuddin Albar, S.S.T.P., M.Si.) ditemani Kepala Desa Lekis Rejo (Sularno) melakukan Kunjungan ke Rumah Warga dalam Misi Pencarian Kampung Kusta

Disela-sela kunjungannya, dr. Dwi Fenti Atri beserta TIM Kesehatan lainnya melakukan pemeriksaan secara intensif di lokasi kunjungan kerja tepatnya di Desa Lekis Rejo, Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Camat Lubuk Raja dan Ka. UPTD Puskesmas Batumarta II melakukan Peninjuan dan Pemeriksaan Kesehatan Warga Desa Lekis Rejo
Camat Lubuk Raja dan Ka. UPTD Puskesmas Batumarta II melakukan Peninjuan dan Medical Checkup Warga Desa Lekis Rejo

“CATAT!, Lubuk Raja Kabupaten OKU Bebas Kusta!”, Pungkas tegas Khairuddin Albar, S.S.T.P., M.Si. (Camat Lubuk Raja) kepada Tim IKKM OKU saat Kunjungannya ke Desa Lekis Rejo, Senin (13/01/2020) .

Dalam hal Bakti Sosial, tentunya IKKM OKU akan terus melakukan upaya maksimal guna memberikan yang terbaik untuk Masyarakat di Kecamatan Lubuk Raja khususnya dan Ogan Komering Ulu pada umumnya.

Tetap semangat dan Jaga Kesehatan!.

BRAVO IKKM OKU!

(Wtk_Lgt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *